Pulau Menjangan; Eksotisme di Bali Barat


Pulau Menjangan; Eksotisme di Bali Barat

                Mungkin banyak dari kita yang belum tahu Pulau Menjangan. Banyak dari kita kalo ke Bali mungkin hanya eksplor Bali bagian selatan, kaya kuta, dreamland, sanur atau mungkin kalo main ke Utara Bali hanya ke Lovina. Pulau Menjangan terletak di Taman Nasional Bali Barat sekitar 60 km dari Lovina, kalo dari Denpasar kira-kira 4 jam. Dan Pulau Menjangan merupakan tujuan utama gua ke Pulau Dewata dari rangkaian East Java-Bali Overland. Letaknya gak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk. Begitu keluar dari Pelabuhan nanti ketemu pertigaan, kalo lurus ke Denpasar, dan ke kiri ke arah Lovina atau arah Singaraja. Akses ke Pulau Menjangan bisa naik kendaraan umum dari Gilimanuk.

Welcome to Taman Nasional Bali Barat


                 Kalo ke Pulau Menjangan, akses nyebrang kesana bisa melalui labuhan lalang, disana semua udah terkoordinir dengan rapi, dan ada daftar paketnya. Gua sampe Labuhan Lalang sekitar jam 7 pagi. Cuma gua doang berdua disana, celingak-celinguk gua coba tanya petugas informasi disana, sekalian nanya harga paket. Harga Paket untuk dua orang disana sekitar 550ribu udah termasuk sewa kapal, alat snorkeling, asuransi, sama guide tour.

 Berhubung kantong cekak, gua coba nunggu rombongan lain buat sharing cost siapa tahu harganya bisa lebih murah. Gua juga disaranin sama Bli Made (petugas disana) buat nunggu sampe jam 10 pagi karena biasanya jam-jam segitu wisatawan dari Bali Selatan sampe disana. Sekitar jam 10 pagi datang deh rombongan bule-bule, mereka ikut paket wisata dari travel agent di Lovina, setelah nego gua ditawarin harga 180 ribu/orang. Ya lumayanlah lebih murah daripada gua jalan cuma berdua sama Mufli. Sebenarnya ada lagi akses ke Menjangan, yakni pelabuhan nelayan di belakang mimpi resort, karena muter-muter gua gak nemu nih resort daripada bensin motor abis mending yang pasti-pasti aja deh.

Labuhan Lalang


                Butuh waktu sekitar 30 menit dari Labuhan Lalang buat sampe di Menjangan, gak pake basa-basi begitu sampe langsung snorkeling, dan kapal gua berangkat lagi buat anter beberapa orang yang diving. Tanpa guide tour gua snorkeling aja semau gua, tanpa tahu dimana spot yang bagus. Di Spot pertama ini reef-nya beda tipis lah sama di kepulauan seribu. Disini juga gua trekking keliling Pulau dan ke Pura dibalik pulau.



Pelabuhan di Menjangan
Trekking di Menjangan

Kelar snorkeling di spot  pertama, kapal langsung anter ke spot kedua, gak jauh dari pura yang ada di Pulau Menjangan.

Bali dilihat dari Menjangan


Disini spot paling bagus men, asli keren banget karang-nya, belum lagi biota lautnya. Dan disini ekspektasi gua sama Pulau Menjangan gak meleset, Keren!  Disini gua ketemu rombongan lain juga dari Jawa, dengan logat Jawa yang kental nih cewek-cewek pada teriak, “ada taiger pis iki, taiger pis” (tiger fish, lumayan agresif kalo ketemu manusia). Asli bukannya takut gua malah ngakak denger cewek-cewek teriak, mirip Anang gitu deh logatnya.
               



           Kira-kira jam 2 siang acara main air di Pulau Menjangan selesai, biasanya paketan disana emang cuma 4 jam.  Sampe di Labuhan Lalang, beres-beres dan gak pake mandi gua sama Mufli langsung balik lagi ke Hotel Lestari, arah Gilimanuk.  Oh iye, kalo mau cari penginapan murah mending dekat Gilimanuk, dekat labuhan lalang gak ada penginapan sih sepenglihatan gua. Isinya hutan semua. Kalo mau kesini bisa kontek salah satu guide-nya si Bli Dika 085237055565.


Pura di Pulau Menjangan

                Berikut rincian harga yang gua tahu kalo mau main-main di Pulau Menjangan, ini harga per orang, kalo rame-rame pasti murah. Kapal bisa diisi sampe 20 orang. Kalo gua kalo gelondongan 180 ribu/orang karena gua sharing sama bule-bule Londo.
·         HTM, 2500/orang
·         Asuransi, 4000/orang
·         Sewa Kapal, 330 ribu/orang
·         Local Guide, 100 ribu/kelompok
·         Alat snorkeling, 40 ribu/orang
·         Mandi dan Parkir, 10 ribu/orang

Tenang
Kalo ke Bali, bisa dateng ke tempat ini. Keren men, kalo lu berdua sama pasangan cocok banget sambil dengerin lagu-nya Saras Dewi-Lembayung Bali. Karena gua bareng teman gua cowok, gua cuma mandangin air laut aja deh Recommended nih fren, ya biar  foto-foto kalian di profile picture isinya gak cuma background GWK sama dreamland doang. Hehehe..lets get lost

Deep blue sea and cloudy sky


Komentar