Kawah Ijen, Potret Pekerja Keras


Kawah Ijen, Potret Pekerja Keras

                Perjalanan ke Kawah Ijen merupakan destinasi kedua gua di East Java-Bali Overland. Buat ke Ijen gampang kok, dari Banyuwangi udah jelas banget rutenya. Jalur ke Ijen juga relatif bagus, buat ke Ijen bisa ditempuh dari Bondowoso atau Banyuwangi, kedua Jalur bakal ketemu di Paltuding yang merupakan base kalo mau ke Kawah Ijen dan juga tempat pengumpulan belerang para penambang.

                Gua sampe di Ijen sekitar Minggu jam 7.30 malam, seperti biasa kalo trik yang gua lakukan adalah ke warung, itung-itung ngopi sekalian nanya-nanya orang buat ke Kawah Ijen, nama kerennya Observasi.  Disini juga ketemu rombongan off-roader yang lagi pada istirahat, lumayan dapet banyak info disini.



Paltuding

                Di Paltuding, gua tidur di tenda. Disini ada penginapan yang lumayan murah sekitar 75 ribu tapi pas iseng-iseng nanya hotelnya penuh. Ya udah atas dasar azas manfaat gua tidur di tenda aja yang udah gua bawa. Tenda gua diriin persis sebelah warung, biar kalo laper tinggal panggil Ibu Warung.

                Jam 03.00 pagi alarm bunyi, lumayan dingin banget malam itu. Hiking ke Kawah Ijen sekitar 2 jam, jadi total 4 jam lah buat balik lagi ke paltuding. Itu pun jalan dengan slow sambil ngerokok malah. Jalur ke Kawah Ijen lebar bray, gak usah takut kalo terjadi antrian, biasanya yang fisik rambo suka kesel kalo pas naik ketemu orang yang jalannya lambat. Disini bucket hat gua hilang fren, udah setengah perjalanan gua baru sadar. Turun lagi sambil lari gak ketemu juga dibawah, pas naik lagi nafas gua udah separuh gitu, huh!

                Kira-kira ¾ perjalanan gua ketemu pos penimbangan belerang. Kawah ijen selain terkenal keindahannya, disana juga terkenal para penambang belereng tradisional. Penambang kaya gini bisa ditemuin juga di Gunung Arjuni-Welirang. Pas gua sampe bibir kawah sekitar jam 5 kurang. karena belum sunrise, gua penasaran sama api biru yang konon cuma ada beberapa di dunia, gak termasuk sama di kompor gas emak gua di rumah. Perjalanan menuruni tebing menuju kawah sempit banget fren, kudu hati-hati, dan utamain para penambang yang mau lewat. Terkadang gua nyempil diantara bebatuan pas ada penambang yang mau lewat. Kalo dibawah jangan dekat-dekat danau-nya, bahaya bray. Konon tubuh manusia bisa larut dalam hitungan menit karena tingkat keasamannya tinggi banget.

Danau di Kawah Ijen


                Kelar foto si api biru, asap belerang makin banyak dan bergerak ke jalur pendakian. Karena dada gua makin sesak gua gak mau lama-lama dibawah kawah, gua putusin buat naik. Udah pake masker penutup plus gua basahin air, paru-paru gua malah makin sesak. Lumayan panik waktu itu, dan anehnya si Mufli tetap slow ambil gambar, ah mungkin dia bernafas dengan insang.


SI Api Biru

                Sampe bibir kawah matahari sudah terbit, tapi pemandangan dari bibir kawah keren. Dikejauhan terlihat Gunung Raung gagah banget, pengen suatu saat nanti mendaki ke Raung. View kota Banyuwangi dan laut yang memisahkan Jawa-Bali juga terlihat jelas.

Bibir Kawah Ijen

Gunung Raung


 
                Kelar ambil gambar gua turun dan ambil gambar lagi di pos penimbangan belerang. Para penambang selain mengambil belerang ada juga yang buat merchandise dari belerang buat dijual ke pengunjung. Dari beberapa catatan yang pernah gua baca, penambang tradisional ini udah mengalami kerusakan paru-paru dan juga pergeseran tulang bahu karena biasanya mereka membawa belerang sekitar 60-100 kg/sekali angkut. Dalam sehari mereka bisa bolak-balik beberapa kali untuk mengambil belerang dengan jarak 5 km. Belerang mereka dihargai rp. 600/kg, sebuah harga yang gak sebanding dengan pengorbanan yang mereka berikan.



PT. Candi Ngrimbi


Buah tangan para penambang



Mereka gak punya pilihan lain, buat mereka pekerjaan sebagai penambang udah paling menguntungkan daripada jadi petani penggarap. Tapi mereka gak pernah mengeluh, setiap ketemu wisatawan mereka tetap tersenyum dan sesekali bertegur sapa. Ah Ijen ngasih gua pengalaman banget deh, di Kota mungkin kita baru kena macet aja udah marah-marah, ngedumel mulu. Tapi mereka tetap senyum, men. That’s why i prefer go to mountain, bray! di Ketinggian gua belajar.

Komentar