Baluran, Anomali hutan Jawa


Baluran, Anomali hutan Jawa

Yihaaaaa, dari Ijen gua meluncur ke Baluran. Baluran yang  gua tahu merupakan pionir taman nasional di Indonesia bersama Taman Nasional Gunung Gede Parangrango. Taman Nasional ini terletak di Situbondo, pokoknya bis-bis dari Surabaya ke Banyuwangi pasti lewatin pintu gerbangnya karena Taman Nasional ini dibelah jalur pantura Jawa.


                Baluran disebut little africa, karena padang savana disana mirip sama hutan di Afrika yang biasa gua liat di national geogprahic. Kalo kesana enak-nya pas musim panas, karena padang savana disana mengering dan gambarnya epic banget, persis Africa. Pas gua kesana, sehari sebelumnya hujan deras, jadi jalurnya agak becek. Makanya hutan disana gua sebut anomali, karena di Jawa kan umumnya hutan tropis yang lebat tapi disana cenderung kering.


Baluran national Park



Di Baluran terdapat beberapa padang savana luas, ada savana bekol dan savana bama. Di savana bama gua ngeliat kawanan rusa. Puas foto-foto disana gua lanjut ke Pantai.


Jalan tanah di bekol

Jadi di Baluran gak Cuma padang savana aja, disana juga ada Pantai Bama, kira-kira 15 km dari Pintu masuk Baluran. Pantainya sepi banget, cuma ada beberapa pengunjung dari Bali yang menghindari Nyepi jadi berwisata kesana.

Pantai Bama

Bebatuan di Pantai Bama


                Disana ada penginapan, ada di bekol dan Bama, kalo mau nginep bisa cek harga dan book di web resminya Taman Nasional Baluran. Sempet ngobrol sama petugas disana, menurut petugas disana sih, masih ada beberapa harimau yang kadang suka ke-foto camera trap gitu. Tapi disana yang gua liat sih cuma rusa aja.

Dapat Salam dari Rusa

 Jalan menuju Bekol dan Bama didominasi aspal rusak dan makadam.  Kalo mau eksplor Baluran ada baiknya pake motor atau mobil, tapi disana ada ojek sekitar 35 ribu sampe Bama. Gak disaranin kalo jalan kaki kasihan kaki dan lagi pula gak ada tukang urut disana. Ini Kendaraan yang gua pake di trip


Vixion-nya Levi

Dapat salam dari Indonesia



Kalo mau makan, di Pantai Bama ada warung, harganya masih sama kaya di kota, gua makan nasi goreng cuma 10 ribu aja. Puas jalan-jalan di Baluran sekitar 4 jam, jam 3 sore gua putuskan buat langsung balik ke Surabaya. Lewat Jalur yang sama kaya gua pergi. kalo lagi berkunjung ke Ijen sayang kalo gak ke Baluran  karena jaraknya gak terlalu jauh. Selamat Liburan!

Komentar